Gejala dan Penanganan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut pada Anak

0
89
Gejala dan Penanganan Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut pada Anak

Penyakit infeksi saluran pernapasan akut pada anak merupakan mimpi buruk bagi para orangtua. Kondisi ini muncul akibat adanya infeksi pada saluran pernapasan. Penyakit yang juga dikenal dengan nama ISPA ini bisa menyerang siapa saja sehingga para orangtua harus waspada.

Gejala dan penanganan ISPA pada anak

Berikut adalah gejala dan penanganan ISPA pada anak yang harus Anda ketahui.

1.     Gejala

ISPA merupakan penyakit dengan gejala yang cukup mudah untuk diketahui. Biasanya gejala penyakit ini akan terjadi selama 1 hingga 2 minggu. Setelah melewati minggu pertama, biasanya gejala tersebut akan mulai membaik. Namun, tentu saja dibutuhkan penanganan yang tepat agar gejala tersebut bisa mereda.

Beberapa gejala penyakit ISPA di antaranya adalah batuk, pilek, bersin, nyeri tenggorokan, demam, hidung tersumbat, dan sesak napas. Pada beberapa anak, kondisi ISPA juga bisa menyebabkan nyeri otot. Semua gejala ini tentu akan membuat anak merasa tidak nyaman dan rewel sehingga orangtua perlu memberikan penanganan yang tepat.

2.     Terapi Uap

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala ISPA adalah memberikan terapi uap. Siapkan semangkuk air panas dan manfaatkan uap yang dihasilkan. Teteskan minyak telon atau bisa juga memakai minyak kayu putih. Posisikan kepala anak di dekat uap agar saluran pernapasan menjadi lebih lega.

Anda juga bisa meletakkan semangkuk air panas tersebut di dekat si kecil saat ia tertidur. Namun, pastikan untuk tetap menjaga si kecil agar tidak terjadi hal-hal yang membahayakannya.

3.     Banyak Minum

Ajak si kecil untuk minum banyak air putih. Memenuhi kebutuhan cairan menjadi salah satu cara efektif untuk meringankan gejala penyakit infeksi saluran pernapasan akut pada anak. Jika si kecil masih minum ASI, maka berikan ASI sesering mungkin. Air akan membantu mengencerkan dahak dan membuatnya lebih mudah untuk keluar.

Selain air putih dan ASI, Anda juga bisa memberikan air lemon hangat kepada si kecil. Berikan tambahan madu agar rasanya lebih mudah diterima oleh anak.

4.     Posisi Tidur yang Tepat

Istirahat yang cukup akan sangat membantu si kecil untuk lebih cepat sembuh. Namun, gejala yang dialami anak bisa saja membuat mereka kesulitan untuk tertidur. Anda bisa membantu si kecil untuk tidur dengan posisi yang tepat. Posisikan kepala mereka lebih tinggi dengan menggunakan ganjalan berupa bantal. Posisi ini akan membantu melancarkan saluran pernapasan anak.

5.     Konsultasi Dokter

Gejala ringan ISPA mungkin bisa diatasi sendiri di rumah. Namun, jika ISPA menunjukkan gejala yang parah seperti kesulitan bernapas hingga muntah maka segera konsultasikan kepada dokter.

Penanganan ISPA pada anak bisa disesuaikan dengan gejala yang ditemukan. Berkonsultasi dengan dokter balita dan anak jelas menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan. Jika dibutuhkan konsumsi obat, pastikan Anda mendapatkan rekomendasi yang aman dari dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here