Mengubah Hunian jadi Rumah Sehat, Apa Mungkin?

0
38
Mengubah Hunian jadi Rumah Sehat

Siapa yang mengira jika hidup di 2021 ini, kita tidak hanya berdampingan dengan teknologi canggih, tapi juga besarnya resiko tertular virus Covid-19? Oleh sebab itu, sejak tahun 2020, gaya hidup sehat semakin digencarkan untuk diterapkan (meski tahun-tahun sebelumnya juga sudah mulai diperkenalkan).

Tidak hanya pola hidup, urusan hunian pun juga tidak boleh ketinggalan. Inilah topik yang akan kita bahas hari ini, jika pola hidup bisa diusahakan agar lebih sehat. Mungkinkan kita mengubah tempat tinggal kita menjadi rumah sehat?

Kenapa itu penting? Karena kita dianjurkan untuk di rumah aja, tentu rumah sehat akan memberikan banyak dampak baik kepada orang-orang di dalamnya.

  • Ada spot untuk berjemur

Salah satu yang dianjurkan oleh pakar kesehatan dalam perjuangan melawan virus Covid-19 adalah rutin berjemur dan mendapatkan vitamin D yang cukup.

Jadi, usahakan kamu juga mulai mendekor halaman depan atau belakang rumah, atau di manapun tempatnya. Buatlah spot yang cukup (tidak harus luas) agar bisa digunakan minimal untuk 1 orang (karena bisa dilakukan bergantian).

  • Harus ada sirkulasi udara

Kamu tahu kan Covid-19 itu pantangannya ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara? Maka, rumah sehat harus punya ventilasi cukup yang bisa memenuhi dengan baik kebutuhan sirkulasi udara.

Tips sehat lainnya adalah, biasakan untuk membuka ventilasi serta jendela rumah ketika masih pagi dengan udara yang masih segar dan cahaya matahari belum terik.

  • Teduh dengan tanaman

Tidak semua orang punya halaman yang luas di rumahnya. Tapi sedikit halamanpun juga bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan. Melihat tanaman hijau atau bunga warna warni tentu akan membuat kualitas hidup kita semakin baik.

Begitu pula dengan membiasakan untuk menanam kebutuhan sehari-hari dalam skala kecil (misal cabai, sawi, dll).

  • Tempat sampah terkelola dengan baik

Penting nih, apalagi sekarang mayoritas manusia di bumi punya sampah yang sama, masker medis sekali pakai. Kamu tidak bisa membuang sampahmu begitu saja. Harus ditangani dengan tepat, tidak membahayakan lingkunganmu.

Dan buanglah sampah di dalam rumah secara berkala keluar (tempat pembuangan yang lebih besar).

  • Bersihkan rumah dengan teliti dan teratur

Semua orang punya kesibukan dan prioritas yang berbeda-beda. Tapi, kita punya 1 kewajiban yang harus dimasukkan dalam prioritas utama, yaitu menjaga kebersihan rumah dan seisinya.

Jika tidak bisa rutin mengepel lantai rumah setiap minggu atau bulan, setidaknya sehari sekali sapu dan lap rumah dan seisinya.

Sepertinya 5 tips di atas sudah cukup mewakili kebutuhan dasar untuk memiliki rumah sehat di tahun 2021. Terlihat sepele tapi dampaknya besar. Berani memulai perubahan? Yuk, mulai dari sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here